Viewport pada 3ds Max

Ketika Mas Bro memulai Aplikasi 3ds Max, secara default  layar utama menampilkan 4 Viewport dengan ukuran sama besar yang meliputi Top, Front, Left, Perspective dan secara default Top, Front, Left menggunakan tampilan Wireframe dan Perspective menggunakan tampilan Smooth+Highlight.


Viewport dibagi 3 kelompok yaitu Orthographic, Perspective dan Camera;
Orthographic; terdiri dari User, Front, Back, Top, Bottom, Left, Right, yang menampilkan sudut pandang sesuai dengan namanya.
Perspective dan Camera; menampilkan sudut pandang yang dipengaruhi oleh titik mata.

Layout Viewport
Secara default layout atau tampilan Viewport seperti gambara dibawah ini;


Sampeyan bisa memilih tampilan layout Viewport yang berbeda, dengan cara klik kanan pada label Viewport dan klik pada pilihan Configure...



Kemudian akan tampil kotak dialog Viewport Conviguration > pilih tab Layout > klik pilihan layout yang tersedia, misal pilih yang aku lingkari merah dan klik OK


 Maka tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah ini;


Menyembunyikan Tripod pada Viewport
Tripod adalah koordinat sumbu yang di terapkan pada 3ds Max , yang ditampilkan pada sisi kiri bawah pada masing-masing bagian Viewport. Untuk menyembunyikan langkahnya sebagai berikut;
Pada Menu Bar > Customize > klik Preferences...

Maka tampil kotak dialog seperti gambar dibawah ini;
Selanjutnya klik tab Viewport, pada menu Viewport Parameters > hilangkan tanda rumput (centang) pilih Display World Axis



Menyembunyikan dan menampilkan Grid Viewport 
Grid merupakan bagian dalam Area kerja Viewport yang berupa garis-garis pertemuan dari koordinat sumbu, gambar seperti dibawah ini;


Untuk menampilkan atau menyembunyikan langkahnya Menu Bar > Grids > Show Home Grid atau Klik kanan mouse pada label Viewport aktif, pilih pada Show Grid

Mengubah Camera Viewport
Camera Viewport adalah arah pandangan terhadap viewport tersebut, misal kita aktif pada Viewport Top, maka diasumsikan arah pandangan berada diatas Viewport tersebut. Untuk merubah kamera pada Viewport aktif caranya; klik kanan mouse pada label Viewport aktif, pilih pada Views > pilih salah satu kamera dalam daftar Views.

 
Selesai, tunggu tutorial selanjutnya....


Ketika Mas Bro memulai Aplikasi 3ds Max, secara default  layar utama menampilkan 4 Viewport dengan ukuran sama besar yang meliputi Top, Front, Left, Perspective dan secara default Top, Front, Left menggunakan tampilan Wireframe dan Perspective menggunakan tampilan Smooth+Highlight.


Viewport dibagi 3 kelompok yaitu Orthographic, Perspective dan Camera;
Orthographic; terdiri dari User, Front, Back, Top, Bottom, Left, Right, yang menampilkan sudut pandang sesuai dengan namanya.
Perspective dan Camera; menampilkan sudut pandang yang dipengaruhi oleh titik mata.

Layout Viewport
Secara default layout atau tampilan Viewport seperti gambara dibawah ini;


Sampeyan bisa memilih tampilan layout Viewport yang berbeda, dengan cara klik kanan pada label Viewport dan klik pada pilihan Configure...



Kemudian akan tampil kotak dialog Viewport Conviguration > pilih tab Layout > klik pilihan layout yang tersedia, misal pilih yang aku lingkari merah dan klik OK


 Maka tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah ini;


Menyembunyikan Tripod pada Viewport
Tripod adalah koordinat sumbu yang di terapkan pada 3ds Max , yang ditampilkan pada sisi kiri bawah pada masing-masing bagian Viewport. Untuk menyembunyikan langkahnya sebagai berikut;
Pada Menu Bar > Customize > klik Preferences...

Maka tampil kotak dialog seperti gambar dibawah ini;
Selanjutnya klik tab Viewport, pada menu Viewport Parameters > hilangkan tanda rumput (centang) pilih Display World Axis



Menyembunyikan dan menampilkan Grid Viewport 
Grid merupakan bagian dalam Area kerja Viewport yang berupa garis-garis pertemuan dari koordinat sumbu, gambar seperti dibawah ini;


Untuk menampilkan atau menyembunyikan langkahnya Menu Bar > Grids > Show Home Grid atau Klik kanan mouse pada label Viewport aktif, pilih pada Show Grid

Mengubah Camera Viewport
Camera Viewport adalah arah pandangan terhadap viewport tersebut, misal kita aktif pada Viewport Top, maka diasumsikan arah pandangan berada diatas Viewport tersebut. Untuk merubah kamera pada Viewport aktif caranya; klik kanan mouse pada label Viewport aktif, pilih pada Views > pilih salah satu kamera dalam daftar Views.

 
Selesai, tunggu tutorial selanjutnya....

terkait dengan Viewport pada 3ds Max :